Tuesday, 7 July 2015

Review ALDO F68, Smartphone Yang Nge-PAS! Banget.



Review ALDO F68, Smartphone Yang Nge-PAS! Banget



Assalamualaikum gan ;D
Sesuai judul diatas, saya mau ngasih ulasan tentang pengalaman saya beli Smartphone Aldo f68 (yang sebenernya saya ragu sih, ini smartphone apa bukan), yang baru saya beli buat adek saya.

Ceritanya sih gini gan, tadinya saya mau beliin hape adek saya tuh lewat online shop aja, kayak lazada gitu. Tapi berhubung males (berhubung mau lebaran), mana budget pas - pasan (only 500rebet), terus mamak juga bilangnya kalo bisa dapet hape yang paling murah, akhirnya saya memberanikan diri ke konter yang jaraknya kira - kira 1 km dari rumah. Akhirnya waktu sampe di konter, saya nanya si empunya konter "mas, ada hape - hape bawah 500ribuan gak?", terus mas - mas konter itu nunjukin beberapa hape, diantaranya, SPC S3 Phantom, Advan s3+, evercoss a5T, harganya semua nya 500rb dan uda pada 3G semua, dan sayangnya, semuanya single core plus ram 256 MB (yaelah namanya hape murah).

Sebenernya, saya tadinya lebih condong ke SPC S3 phantom, karena dari bentuk casing, finishing, sama merek SPC yang dari dulu saya kenal, jadi tadinya menurut saya itu yang paling menjanjikan. Ehh, tiba - tiba di etalase saya liat hape Aldo f68 ini, kotaknya udah jelek, tapi yang bikin saya senyum - senyum itu, harganya cuma Rp.400.000,00, speknya hampir sama kayak hape - hape tadi, cuma ini masih 2G dan OS-nya jellybean (yang tadi pada kitkat semua). Sebenernya saya ragu, spek segitu, make jelly bean, masih edge lagi, ya ampuun. Tapi, karena mamak bilang harus beli yang murah (emang duitnya cuma segitu kan -_-), akhirnya saya memutuskan untuk memboyong Aldo f68 tersebut.

Sampe dirumah, saya agak nyesel sih, ngapa tadi gak beli SPC aja, dan akhirnya mamak saya juga ngeluh karena katanya mereknya gak terkenal (makk!! katanya nyari murah). Tapi apa daya, ya orang - orang dengan budget terbatas kayak saya ya memang harus bergelut sama barang - barang murah.


Pertama sih, saya tuh agak gimanaa gitu sama material yang ngebungkus hape Aldo f68 ini. Ya, gimana engga, pas pertama buka box, kesan hape cina murah langsung membaraaa, entah jenis plastik apaa yang di pake buat hape ini, kayak plastik ember!, dan agak terkesan ringkih (kayak saya), tapi mana bisa protes, lagi - lagi soal harga menutup mulut saya buat ngoceh kebanyakan.


Hape ALDO F68 Sama Kotaknya

body smartphone aldo f68
Foto Body keseluruhan hape ALDO F68


Dan waktu saya idupin deh hapenya, dan yang bikin saya geli, ngakak, merinding, itu opening sound pas ngidupin hapenya, astaghfirullah, norak abis, mana kayaknya satu RT kedengeran. Suaranya kayak soundtrack - soundtrack sepak bola. Gak lama dari itu, muncul logo kebesaran Alpha Dunia Online a.k.a ALDO.  Yang menarik nih, walaupun hape ini masih mengusung jellybean, tapi user interface a.k.a UI hape ini lumayan menarik, desainnya flat - flat gituh, tapi sayangnya karena luas layar hape ini cuma 3.5 inch plus resolusi cuma HVGA, ya jadi jangan berharap tampilannya manjain mata. O ya, buat pertama kali, hape ini udah pre-installed app line, wechat, cm browser, sama whatsapp, cuma karena hape ini cuma buat adek saya, jadi saya uninstall semua kecuali wechat, karena ga bisa di uninstall.

tampilan homescreen aldo f68


tampilan ALDO F68
tampilan app drawer aldo f68

tampilan lockscreen aldo f68



Buat performanya, hape ini rada ngos-ngosan, ya maklumlah, hape ini prosesornya aja cuma single core 1 GHz, mana ram cuma 256 MB, belum lagi androidnya pake jellybean, yah harus dimaklumi. Ya memang hape ini sih prefer buat sms, telpon sama browsing - browsing dikit. Dan lucunya, pas mau instal aplikasi apa-pun, pasti ada pilihan buat install ke SD card (termasuk bbm), tapi kalo seumpama kita udah instal di memori telepon, ya nanti ga bisa dipindah ke SD Card. Saya juga coba install bbm versi 2.8 yang terbaru, kuat gan, tapi ramnya makan banyak, akhirnya saya re-install pake bbm for gingerbread  yang notabene gak makan ram banyak (walaupun tampilan bbm jadi aneh, karena bbm nya kan sebenernya prefer buat gingerbread). Sejauh yang saya alamin sih gan, buat bbm lancar - lancar jaya, cumaan, pas pertama mau sign in, diutamain harus pake koneksi wifi yang stabil, kan gak mungkin sign in di bbm pake koneksi edge (mustahill!!).O ya gan, internal hape ini cuma kesisa 78MB (mampus gak tuh), makannya saya saranin buat uninstall aplikasi bawaan biar agak lega.

spesifikasi Aldo f68 yang ada di box


Pemakaian RAM

tampilan bbm

Buat urusan konektivitas, hape ini cuma dibekali koneksi jaringan 2G, wifi, bluetooth, jadi jangan harap bakal ada HSDPA atau bahkan 4G LTE (-_-). Dan dari perhitungan koneksi yang masih edge, ya sebisa mungkin install browser yang punya sistem kompresi data yang mumpuni, ya saya saranin sih UC Browser mini, jadi lumayan ngobatin rasa sakit dari koneksi 2G itu. 

UC Browser Mini

Buat multimedia, semua nya standar, tapi yang paling mengecewakan itu kameranya, khas cinggo, cina binggo. Pasti agan - agan udah tau deh, jadi gak perlu saya upload. O ya, soal batere, saya belum pake pemakaian normal sehari sih, tapi adek saya main game pou sama dr.driving, baterenya bertahan 3 jam lebih dikit buat sampe indikator batere 14%.  Jadi, harusnya sih lumayan awet karena spek yang cuma segitu.

Hmm, oke kesimpulannya, hape ALDO F68 ini pas, pas - pasan banget buat ngapa - ngapain, selalu ada batesannya, mulai dari virtual keyboard yang kekecilan, koneksi yang masih 2G sampe performa yang pas - pasan karena  prosesor yang masih single core. But, pepatah bener, ada harga ada rupa, dan actually saya sih gak bisa protes buat segala kekurangan hape ini, ya karena harganya aja juga cuma segitu. Kalo seumpama agan - agan cuma nyari secondary phone atau cuma buat adek agan yang penting bisa maen pou, ya hape ini lumayan, tapi kalo buat primary phone, saya gak yakin sih agan bisa betah. Oke, segitu dulu review ALDO F68, wassalamualaikum.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews