Sunday, 28 June 2015

Pengalaman Ikut Sertifikasi SKKNI Lampung

Assalamualaikum :D
Hmm, udah lama saya gak nulis blog, ya maklumlah baru aja UN kemaren, sama ngurusin tetek bengek macem - macem dari snmptn, sbm, sampe tumpeh - tumpeh. Oke, kali ini saya mau ngebagi pengalaman saya ikut uji sertifikasi SKKNI yang di adain LSP TIK di Hotel Grand Anugerah tgl 11 - 13 Mei 2015.

Pertama saya tau ada sertifikasi itu dari status fb kepala sekolah saya, katanya ada sertifikasi buat alumni smk buat tkj, wahhh lumayan nooh. Akhirnya saya pun memutuskan diri buat ikutan, toh juga waktu itu saya gak ada kerjaan, jadi capcus aja ikut, siapa tau keseleksi terus bisa nambah ilmu plus nginep di hotel, wkwkwk.

Dan ternyata, saya terseleksi sebagai peserta sertifikasi tersebut, seneng dongyaa. Tapi bingung nih,  kisi - kisi di laman lsp-tik, bahasanya mbingungin O.o. Yah tapi saya tetep bertekad kuat buat ikut (bilang aja pengen nginep hotel).

Abis pengumuman peserta siapa aja yang ikut, besoknya saya sama temen - temen yang keseleksi juga berangkat ke lokasi, hotel Grand Anugerah Lampung. Dan pas sampe di lokasi, widigileeee, hotelnya gede coooooyyy. Saya seneng - seneng norak plus excited laah (maklum, orang desa). 

Abis itu saya sama temen - temen masuklah ke hotel itu, saya kayak orang udik yang baru tau hotel wkwk. Dan kita pun langsung disuruh ke lantai 7 buat ngelengkapin berkas sama briefing. Dan yang lebih seneng lagi, that's for the first time saya naik lift khohoho (-_- ya ampun udik).

Nah briefing itu berlangsung sampe jam - jam 11, terus kita coffe break dulu, abis itu dilanjutin lagi, sampe dzuhur, terus makan sama sholat. Nah ternyata, tes nya itu jujugan!!. Jadi abis briefing, langsung tes di FMIPA unila. Tidaaaaak!!!, gue belum belajar apa apa!, mana jarak dari hotel ke UNILA itu jauuuh binggo, jadi harus naik bis yang udah disediain. Akhirnya dengan waktu yang ada (kira- kira cuma dua jam), saya belajar  dadakan, dan ternyata lagii, tes nya itu cuma pake software simulasi packet tracer, Tidaaakkk!!. 

Sebenernya ada keringanan kalo kita ngerasa gak cocok sama bidang yang kita pilih, kita bisa ganti. Seumpama, saya kan milih jaringan komputer (cluster junior networking), saya bisa pindah ke desain grafis, atau ke bidang - bidang lain (pas briefing nanti kan dijelasin).

Akhirnya tes pun berlangsung, ya gimana, cuma belajar seadanya, apalagi udah gak belajar packet tracer selama 2 tahun, jelas udah banyak yang lupa. Tapi masih mendingan saya sama temen - temen saya sih, daripada anak yang duduk disebelah saya gatau apa - apa. Jadi 3 detik sekali nanya, saya sampe geregetan.

Tes udah selesai jam - jam 4an, dan ternyata ini tuh masih tes pertama, dan besoknya masih ada sesi wawancara (tidaakkk!!!). Yah, at least malem ini kan bisa belajar di hotel. Nah ternyata, saya sama temen - temen gak bisa langsung check-in, karena harus nunggu jemputan bis ( karena bisnya cuma satu, jadi ya ganti gantian, dan akhirnya kita dapetnya sampe maghrib). 

Akhirnya kita check-in pas abis maghrib, dan sialnya lagi, saya gak dapet kamar di hotel utama, akhirnya saya sama 7 temen saya di tempatin di hotel cabang nya, kalo istilahnya versi express-nya gituh, yang jaraknya cuma 200 meteran dari hotel utama. Tapi walaupun cuma versi express tetepaja bagus hotelnya, ada liftnya hehe, jadi saya kesenengan naik-turun lift :D (yaelah -_-).

Malem itu saya belajarrr sambil streaming-an khohoo, soalnya gak tahaan, wifinya nguebuuut binggo. Pokoknya gak nyangka, ikut sertifikasi bisa dapet fasilitas sebagus ini , bersyukur deh sama Allah, hehe.

Pagi pun datang menyambut, abis sarapan, langsung jalan lagi ke lokasi tes FMIPA unila buat sesi wawancara. Nahh, yang bikin saya mau mati setengah mati (-__-), saya dapet giliran pertama dari beribu lautan manusia, saya kayak jadi eksperimen nih, tidak. Tapi alhamdulillah nya, saya dapet asessor yang baik banget, dia ngedengerin bener - bener, walaupun ada beberapa bagian saya belum selesai, sama beliau suruh nyelesain (coba, kurang baik apa). Tapi nasib berkata lain sama temen - temen saya yang ikut bidang jaringan juga yang dapet giliran terakhir, mereka dapet asessor yang susaaah banget. Gak selesai?, KELUAR!!! (T.T). 

So, saya sama temen - temen yang ikut jaringan gak ada yang lulus, no one!. Dan yang lebih nyesek lagi, saya cuma nggak kompeten di satu bidang (ya Amfuun). Tapi beda hal sama temen - temen yang ikut bidang PC Technician, mereka lulus semua (orang enaak banget). Dan satu - satunya temen saya yang ikut desain grafis pun juga gagal, dengan hanya kompeten 2 dari 5 (padahal dia pernah ikut desain grafis nasional).
 
Yah, begitulah akhirnyaaa, agak nyakit, but pengalaman di hotel yang lumayan oke ini udah ngilangin rasa nyesek karena nggak lulus. Dan sebenernya, tanggal 1 Juli nanti, bakalan ada sertifikasi lagi, tapi di hotel lain, dan saya kira bisa buat daftar lagi, ternyata kalo yang udah pernah ikut gak boleh ikut lagi. Tapi harus bayar uang remidi sebesar 100rb/unit yang diremidi (pengeen, tapi gak punya duita).
 
Oke, itu pengalaman saya yang udah ngikutin sertifikasi SKKNI. Menyenangkan, fasilitas oke, terus gratis, mungkin memang hal - hal kayak gini yang harus diperhatikan pemerintah lebih lanjut, dan sebenernya gak perlu mewah - mewah, cukup difasilitasi untuk sertifikasi aja sebenernyaa udah seneng, semoga aja acara - acara kayak gini bisa lebih baik kedepannya. Terimakasih udah baca postingan saya yang gak rapi ini hehe. Wassalamualaikum
 
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Total Pageviews