Friday, 23 November 2012

Menghadapi Jumlah Prosesor Yang Menghilang

Dulu, saya pernah baca artikel mempercepat proses booting dengan cara menggunakan seluruh jumlah prosesor namun efek mempercepat booting itu hanya di awal, setelah itu sama saja seperti biasa, dan yang terjadi ketika saya membuka msconfig saya kaget badai, karena jumlah prosesor netbook saya yang terbaca awalnya berjumlah 4 menjjadi , wah saya langsung berdoa sama Allah , tapi saya searching2 di mbah slamet alias mbah google saya nemuin deh caranya, makasih buat http://identitvigur.blogspot.com  yang mengatasi kebingungan saya, ini dia caranya mengembalikan jumlah prosesor ke semula, jengjengjeng....


  • tekan “windows + R” pada desktop
  • ketik “msconfig” pada menu “RUN” yang kemudian muncul
  • pilih tab “BOOT” pada menu “system configuration” yang kemudian muncul
  • tekan tombol “ADVANCE OPTION” lalu pada tabel “NUMBER OF PROCESSOR” di centang dan kemudian pilih jumlah processor yang tersedia then klik “OK”
  • klik “APPLY” kemudian “OK” kemudian ikuti instruksi “RESTART”)

Dan yang terjadi adalah proses booting hanya terasa cepat di awal, kemudian anda akan merasa itu mulai lambat kembali.
Melihat kenyataan itu, saya buka kembali msconfig dan mengubah kembali jumlah processor yang saya gunakan pada angka 1.
Kemudian suatu saat saya buka kembal msconfig sekedar ingin menyapa teman lama, dan saya terkejut. Karena jumlah processor saya yang SEBELUMNYA BERJUMLAH 4 MENJADI HANYA 1!!!
saya pun panik dan berdoa minta pertolongan kepada Yang Maha Hidup. Hati saya tenang tapi computer saya masih tetap seperti itu. Oleh karena saya berusaha mencari tahu kenapa bisa seperti itu.
Dan kemudian saya berhasil mengatasi problem tersebut.
  • Buka msconfig (tekan “WINDOWS + R then ketik “msconfig)
  • Pilih tab “BOOT” dan tekan tombol “ADVANCE OPTION”
  • HAPUS centang pada tabel “NUMBER OF PROCESSOR” klik “OK”
  • Pada tab “BOOT”, lihat pada “BOOT OPTION”, pilih “SAFE BOOT” dan centang pada “ACTIVE DIRECTORY REPAIR”
  • APPLY dan OKE kemudian RESTART

Kemudian anda akan menemukan tampilan computer anda menjadi jadul, tapi jangan ber syak wasangka dulu bahwa saya mengerjai anda, itu hanya karena windows berjalan di mode “SAFE”, seperti halnya anjuran pemerintah akan pemakaian kondom. :P
Untuk mengembalikan tampilan, buka kembali msconfig (anda sudah tahu caranya kan? (---_---“)

  • Pada BOOT OPTION hapus kembali centang pada SAFE BOOT
  • Tekan pada tombol ADVANCE OPTION dan anda akan mendapati jumlah processor anda kembali seperti sedia kala. Pilihlah angka terkecil. (default)
  • Kemudian klik OK.
  • Pilih APPLY then OK
  • RESTART kembali computer anda.
  • DONE!!!


T




Reaksi:

4 comments:

  1. Sayacoba cara di atas pakai windows 10 pro. Tapi tidak berhasil mask safe mode, malah gagal masuk Windows. Gimana ini lae?

    ReplyDelete
  2. gagalllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  3. gagal sama kasus sama yang di satas ane

    ReplyDelete
  4. Sama pada saat saya pakai Windows 10 Enterprise (x64-bit) intel Core i7 @4.50 GHz

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Total Pageviews